GEJALA STEP :

  1. Pada suhu tubuh baru 38oC, kejang sudah mulai terjadi. Pegang tangan putra/i terus menerus. Jika sesekali kejang (seperti terkejut), itulah tanda awal step.
  2. Jika temperatur terus naik, biasanya pada tingkat 40oC pun kejang-kejang sudah nampak.
  3. Kejang disertai mata membelalak (tidak berkedip).
  4. Gigi tampak menggigit kuat.

MENGATASI STEP :

  1. Buka semua baju si sakit dan jendela rumah agar mendapat udara segar.
  2. Jika perlu si sakit di letakkan di lantai.
  3. Buka mulut (gigi?) dan masukkan sedok makan. Ini dimaksudkan agar gigi si sakit tidak menggigit lidahnya sendiri.
  4. Oleskan dengan telapak tangan alkohol 70% ke seluruh tubuh kecuali muka. Kipas-kipas dengan kipas atau buku. Lakukan berulang-ulang kedua tindakan tadi.
  5. Bila tidak tersedia alkohol, ambil handuk, celupkan ke air kamar mandi , peras sedikit, lalu lilitkan ke tubuh. Ulangi berulang-ulang.
  6. Pada bagian yang paling panas (leher misalnya) beri wash lap basah.
  7. Kalau suhu tubuh menurun dan tidak kejang lagi, secepatnya minumkan obat yang tersedia di kotak obat dengan dosis anjuran dokter.

MENCEGAH STEP :

  1. Kenali penyebab step pada anak anda, misal flu. Jika tubuh mulai hangat, mulailah mengukur suhu tubuhnya dengan termometer.
  2. Siapkan selalu di kotak obat anda obat-obatan yang diyakini cocok. Terutama penurun panas dan antibiotik. Jangan lupa alkohol 70% untuk kompres dan wash lap.
  3. Jika suhu tubuh mendekati 38oC, dan penyakit dirasa sejenis dengan yang sudah-sudah, minumkan obat dengan dosis sesuai anjuran dokter (waktu periksa terakhir).
  4. Jika minum obat pertama setelah magrib (jam 18.00 ), usahakan pukul 24.00 diberikan obat kedua. Namun jangan lupa memberikan air gula sebelum minum obat kedua.
  5. Diberi minum kopi (sewaktu kondisi anak sehat), walau 1 sendok atau 2 sendok makan sehari. Ingat biasanya yang step anak berumur 0- 5 tahun. Setelah masa itu terlewati, insyaallah relatif aman.
  6. Pijat pada telap kaki dan tangan, agar panas merata keseluruh tubuh dan suhu menurun. Kadangkala panas yang tinggi dikarenakan panas terpusat pada bagian tertentu (misal leher) karena radang.
  7. Pada bagian kepala, berikan wash lap basah. Begitu juga pada bagian yang paling panas.
About these ads