BEBERAPA JENIS UMPAN MANCING IKAN LELE

1. Cacing
Umpan cacing adalah umpan yang paling umum, untuk ikan lele cacing yang digemari adalah cacing sawah (cacing merah dan cacing cobra). Untuk cacing tanah yang disukai cacing lur ( cacing agak putih kemerahan, seperti ada cincin di leher). Untuk pemasangan di mata kail usahakan berbentuk menggerombol, dapat berisi 2 – 5 cacing dalam 1 mata kail.
Lokasi : kolam dan sungai

2. Jangkrik dan orong-orong
Ini juga termasuk umpan yang ampuh untuk ikan lele, jenis umpan ini hampir sama. Tapi orong-orong cenderung lebih ganas. Cara pemasangan: kepala dan kaki dibuang, tancapkan mata kail melalui leher, ujung belakang (pantat) di sobek sedikit kemudian badan jangkrik/orong-orong ditekan sehingga bagian dalam perut keluar sedikit. Bila suhu air dingin / di malam hari bisa dibakar sedikit untuk mengeluarkan aroma.
Lokasi: kolam dan sungai


3. Ikan kecil (ikan cemplon/gathul)
Cara memasangnya, kail dikaitkan pada ekor ikan, sehingga ikan masih bisa berenang bebas sehingga menarik perhatian ikan lele untuk memakannya. Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar
Lokasi: kolam dan sungai

4. Katak kecil (percil)
Cara memasangnya, kail dikaitkan pada ekor katak, sehingga katak masih bisa berenang bebas sehingga akan menarik perhatian ikan lele untuk memakannya. Umpan ini cenderung akan dimakan ikan lele yang besar
Lokasi: kolam dan sungai


5. Daging ayam
Caranya daging ayam di kukus, kemudian disobek kecil-kecil dan memanjang. Pasang mata kail pada bagian tengah memanjang sobekan daging ayam, isi 3 – 5 sobekan. Untuk hasil maksimal celupkan dulu ke dalam kuning telur bebek yang di aduk sebelum dilempar ke air.
Lokasi: kolam.

6. Usus ayam
Caranya pasang umpan pada mata kail dengan cara digulung-gulung sampai seluruh mata kail tertutup oleh umpan.   Untuk hasil maksimal rendam usus dengan minyak ikan.
Lokasi: kolam.

About these ads