Huh.. Belum Shalat…!!!! setiap hari kaya gini deh… suka lupa sama namanya shalat. Kadang rajin banget shalat, kadang males-malesan. Emang bener kata para Ulama.. “Iman itu bagai lautan bergejolak, kadang naik kadang turun”. Padahal hari sebelumnya “getol” banget sama shalat….. ufh, jadi rugi sendiri kalau kaya gini terus. Kayaknya bener kata seorang teman saya, “kita tuh harus sering-sering charge iman kita”

kawan, Shalat merupakan salah satu ibadah yang paling penting di dalam Islam. Karena perintah shalat langsung diberikan oleh Allah kepada Rasulullah langsung tanpa perantara Malaikat jibril tidak sebagaimana ibadah-ibadah yang lain. Shalat juga merupakan ibadah yang menentukan pada saat manusia di padang mahsyar. Jika shalatnya baik, maka seluruh amalnya baik dan jika tidak, maka seluruh amalnya tidak baik. Namun, amat sangat disayangkan, banyak umat islam pada saat sekarang ini melalaikan perintah yang satu ini. Mereka sering menunda atau bahkan meninggalkan shalat. Apalagi jika disuruh untuk shalat berjamaah, banyak alasan yang akan kita terima dan salah satu alasan yang sering keluar adalah bahwa hukum shalat berjamaah itu adalah sunnah. Padahal seluruh ulama menetapkan bahwa shalat berjamaah itu hukumnya wajib bagi laki-laki kecuali ada udzur (halangan). bener gag sob..?

ada bebrapa nie manfaat shalat jama’ah buat kita2

1.Mematuhi Perintah Allah

Sesungguhnya dengan shalat berjamaah berarti kita telah mematuhi (salah satu) perintah Allah yang dibebankan kepada segenap hamba-Nya yang beriman. Allah berfirman:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku.” (Al-Baqarah:43)

Dalam kitab Tafsirnya, Ibnu Katsir berkata,”Yakni hendaklah kalian bersama orang-orang beriman dalam berbagai perbuatan mereka yang terbaik, dan yang paling utama dan sempurna dari semua itu adalah shalat. Dan banyak para ulama yang menjadikan ayat ini sebagai dalail bagi diwajibkannya shalat berjamaah.”

2. Mematuhi Perintah Rasul

Dengan shalat berjamaah berarti mematuhi perintah Rasulullah dan mengikuti sunnah beliau baik qauliyah (ucapan) maupun fi’liyah (perbuatan). Rasul bersabda:

“Jika mereka bertiga maka hendaklah salah seorang mereka menjadi imam. Dan yang paling berhak menjadi imam adalah yang paling pandai membaca (al-Quran).” (Muslim)

3. Berada Dalam jaminan Allah

Rasulullah bersabda:

“Siapa yang shalat shubuh secara berjamaah maka ia berada dalam jaminan Allah.” (Lihat Shahihut Targhib wat Tarhib nomor 418)

4. Berada dalam naungan Allah pada Hari Kiamat

Rasulullah bersabda:

“Tujuh golongan manusia yang Allah akan menaunginya pada hari kiamat saat tiada lagi nanungan kecuali naungan-Nya … laki-laki yang hatinya senantiasa bergantung kepada masjid-masjid.” (Lihat Al-lu’liu wal Marjan nomor 610)

5. Amal Yang Paling Utama

Rasulullah bersabda:

“Amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab,”Shalat pada waktunya.” (Abu daud dan Tirmidzi)

dan lain2…

so, masihkah kita mau lalai shalat, palagi gag solat?,.

Allah SWT berfirman : Maka datang generasi sesudah mereka yang melalaikan shalat dan mengikuti hawa nafsu maka mereka itu akan bertemu dengan kesesatan. (QS. Maryam : 59)

“Pembeda antara kita dan mereka (orang kafir) adalah shalat, barangsiapa

meninggalkannya maka ia telah kafir.” (HR.An-Nasai,at Tirmidzi, dan Ibnu

Majah, dengan sanad yang shahih)

hiiiii…serem yah….nah untuk para akhwat juga, jgn mau ma ikhwan yang masih suka melalaikan shalat. tar kebawa bawa kebiasaan melalaikan shalat yang nyebabin Allah murka..dan untuk ikhwan temen2 qu, yuk sama2 kita aktifkan shalat tepat waktu, kita kan pemimpin kawan. masa masih lalai?? jgn ngaku anak gaul ah qlu solatnya masih blentang blentong..^_^

Iklan