Jakarta – Terdakwa mafia pajak, Gayus Tambunan akhirnya menyatakan banding atas putusan 7 tahun penjaranya. Gayus tidak mendaftarkan bandingnya itu dengan menggunakan jasa pengacara kondang, Adnan Buyung Nasution.

“Berkasnya sudah kita daftarkan tadi,” kata kuasa hukum Gayus yang baru, Junder Tambunan saat dihubungi detikcom, Senin (24/1/2011). Banding terdaftar nomor 04/Akta.Pid.2011

Menurut Junder, Gayus menyatakan tidak akan lagi memakai jasa Buyung. Ia beserta dua rekannya yang lain pun kini didapuk untuk menangani perkara Gayus di tingkat banding.“Kita yang sekarang jadi kuasa hukumnya, tidak lagi berkonsultasi ke Buyung,” lanjut Junder.

Gayus divonis tujuh tahun ditambah denda Rp 300 juta subsider tiga bulan. Majelis hakim yang diketuai Albertina Ho menilai Gayus terbukti melakukan korupsi saat menangani keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal, menyuap penyidik, menyuap hakim, dan memberi keterangan palsu terkait asal usul hartanya senilai Rp 28 miliar.

Jaksa penuntut umum (JPU) sendiri sudah menyatakan banding sejak pekan lalu. Mereka tidak puas karena vonis hakim jauh di bawah tuntutan jaksa.