imgJakarta – Jika Anda merasa tidak seksi setelah melahirkan, Anda tidak sendirian. Menurut ahli, 67 persen wanita merasa bahwa gairah bercinta mereka turun secara drastis.

Menurut Patricia Koch, Ph.D., sebanyak 67 persen wanita mengatakan bahwa wanita tidak lagi memiliki keinginan seksual atau gairah bercinta setelah mereka melahirkan. Penurunan libido ini bisa berasal dari berbagai hal, seperti perubahan fisik, hormonal dan psikologis.

Walaupun Anda merasa sibuk dengan pekerjaan baru yaitu, mengurus si kecil. Namun seks merupakan bagian penting dari suatu hubungan dan ikatan suami-istri. Oleh karena itu, cobalan lima hal ini untuk mengembalikan gairah Anda, seperti yang dikutip dari medicmagic.

Konsultasikan dengan dokter Anda
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa megetahui apakah masalah fisik atau hormon yang membuat gairah bercinta menurun. Selain itu, dokter juga mungkin akan melakukan beberapa tes seperti tes anemia, diabetes, penyakit jantung, atau radang sendi dan semua penyakit yang dapat menurunkan gairah seks.

Meningkatkan kepercayaan
Meningkatkan kepercayaan diri adalah sesuatu yang harus Anda lakukan setiap hari. Jelas ada perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan, namun bukan berarti Anda harus mengkritik diri setiap hari. Cobalah untuk mengatakan hal-hal positif mengenai diri Anda setiap pagi, hal ini benar-benar akan membantu membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Dapatkan Bantuan
Jangan memaksakan diri untuk menjadi ibu yang sempurna. Mintalah bantuan saudara kandung atau orang tua Anda untuk sesekali menitipkan si kecil dirumah mereka. Rumah tangga dan mengurus bayi tentu bisa membuat Anda stres. Akibatnya adalah penurunan gairah seksual.

Ciptakan suasana seksi dan tenang
Sediakan waktu sekitar 15 sampai 30 menit untuk menyenangkan diri sendiri. Buatlah diri Anda merasa seksi, Anda bisa melakukannya dengan mengambil mandi air hangat, membaca buku, atau hanya duduk untuk makan makanan favorit Anda tanpa henti.

Temukan kenyamanan
Carilah kenyamanan Anda pada diri pasangan, ini sangat penting untuk membuat Anda melarikan diri dari stres dan menjadi lebih bergairah. Jangan ragu untuk meminta pasangan Anda untuk bersikap lebih perhatian. Ini akan membantu Anda memperoleh kembali rasa nyaman dan memulihkan gairah seksual.