KOMPAS.com – Mengapa ketika hamil, payudara kita membesar? Jawabannya, salah satunya karena payudara mulai memproduksi ASI. ASI, seperti Anda tahu, adalah makanan pertama untuk bayi. Cairan ini kaya kandungan antibodi, dan bisa membantu melindungi dan menguatkan sistem kekebalan bayi.

Banyak perempuan yang belum mengetahui, bahwa keajaiban terhebat dalam hidupnya ini sudah mulai diproduksi begitu ia hamil. Menghasilkan air susu juga menjadi tanda utama bahwa tubuh mulai mempersiapkan diri untuk menjadi ibu.

Setiap trimester dalam kehamilan memiliki kekhususan tersendiri, yang mudah diterjemahkan ke dalam tanda-tanda yang bisa dilihat. Sebagai contoh, pada trimester pertama, Anda akan merasa payudara Anda nyeri. Kemudian, ukurannya akan bertambah. Hal ini terjadi ketika kelenjar-kelenjar di dalamnya dipicu untuk mulai memproduksi ASI.

Bagi sebagian perempuan, beberapa gejalanya terjadi lebih awal. Kolostrum, misalnya. Cairan berwarna kekuningan yang biasanya muncul sebelum air susu keluar ini, mulai mengalir dari areola. Pada perempuan yang lain, kolostrum baru muncul pada trimester kedua. Bahkan ada juga perempuan yang baru mengalami setelah melahirkan.

Pada tahap tertentu pada kehamilan Anda, ASI mulai penuh, dan tubuh Anda siap untuk menyusui. Menjelang persalinan, yakinkan diri Anda, bahwa payudara yang dirancang untuk memberi makan mahluk kecil ini akan bekerja dengan sendirinya. Ketika akhirnya bayi lahir, menyusui juga bisa menjadi cara untuk melakukan bonding antara ibu dan bayinya.