KOMPAS.com – Jika Anda berkunjung ke konter-konter kecantikan, Anda akan melihat begitu banyak merek produk yang berderet. Kadang, merek-merek lain pun masih mengantre untuk ikut masuk ke dalam lingkar konter-konter itu. Kadang membingungkan mengapa masih ada terus merek-merek dan inovasi-inovasi baru bermunculan untuk kecantikan. Mencari tahu, sekelompok peneliti di Inggris menanyakan alasan para wanita tak bisa lepas dari produk-produk kecantikan. Hasilnya mengatakan, para wanita merasa telanjang tanpa makeup.

Survei yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama Superdrug ini melibatkan sekitar 3 ribu wanita. Hasilnya, 1 dari 3 perempuan tidak akan keluar rumah tanpa mengenakan riasan wajah lengkap. Sebanyak 60 persen mengaku akan mengenakan riasan wajah setiap hari meski tidak ada acara spesialĀ  atau akan bertemu seseorang yang ingin mereka pukau.

Sementara 30 persen dari responden ini mengatakan bahwa mereka akan mendandani wajah sebelum keluar untuk berbelanja meski toko yang dituju hanya berjarak beberapa meter atau blok dari rumah mereka. Sebanyak 10 persen responden mengatakan bahwa pacarnya belum pernah melihat mereka tanpa mengenakan riasan wajah, meski ini berarti tidur sambil mengenakan riasan wajah.

Menurut juru bicara Superdrug, hal ini membuktikan bahwa riasan wajah memang merupakan pendorong kepercayaan diri yang sangat berpengaruh bagi perempuan. Dari hal itu juga terlihat bahwa merias wajah merupakan prosedur penting bagi para wanita, membantu wanita untuk menonjolkan kelebihan pada wajah mereka dan menutupi kelemahannya. Jika tidak, mereka akan merasa seperti telanjang