Foto: BBC

Jakarta – Ternyata bukan orang miskin saja yang susah makan. Akibat pemanasan global, beruang salju pun harus bersusah payah mencari mangsa. Berdasarkan riset terbaru, mereka harus berenang selama 9 hari tanpa berhenti dan mengarungi area seluas 687 Km untuk berburu anjing laut.

Para peneliti di Laut Beaufort, Alaska, menduga akibat pemanasan global, makin banyak es yang mencair. Beruang salju pun harus berenang lebih jauh untuk memburu mangsa. Demikian ditulis BBC, Selasa (25/1/2011).

“Kami sangat terkejut bahwa beruang itu bisa berenang begitu lama dalam suhu yang sangat dingin. Mereka berenang selama 232 jam dan menempuh jarak 687 Km,” ujar seorang peneliti George M Durner.

Para peneliti menggunakan GPS untuk melacak pergerakan para beruang itu. Hasilnya diketahui beruang tersebut terpaksa berenang sangat jauh. Hal ini membahayakan kesehatan mereka dan anak beruang yang ditinggal sendiri selama induknya berburu.

“Beruang ini kehilangan 22 persen berat tubuhnya dalam dua bulan,” lanjut Durner.

Durner dan timnya prihatin dengan keadaan ini. Dia menjelaskan habitat beruang salju di lapisan-lapisa es sangat rentan berubah karena efek pemanasan global. Mamalia besar ini pun menjadi binatang yang paling terancam dengan pemanasan global.

“Beruang salju adalah binatang yang paling terancam akibat perubahan iklim,” jelasnya.