KOMPAS.com — Satu dari 20 pria memikirkan seks setiap menit, begitu menurut sebuah penelitian. Bagaimana dengan perempuan, apa yang sering mereka pikirkan? Seberapa sering perempuan memikirkan seks? Seperti Anda duga, tidak sesering itu karena perempuan lebih memikirkan penampilan.

Sebuah survei yang melibatkan 5.000 orang menunjukkan, pada perempuan, pikiran mengenai seks dikalahkan oleh kekhawatiran mengenai apa yang dimakan. Survei di Inggris ini mendapati bahwa 25 persen perempuan memikirkan makanan setiap 30 menit dan hanya 10 persen yang dilaporkan memikirkan seks sesering itu.

Yang lebih menyedihkan, para perempuan kemungkinan juga lebih memikirkan apa yang tidak boleh mereka makan. Empat dari 10 perempuan mengatakan,  mereka selalu berdiet atau mengkhawatirkan berat badan, dan lebih dari 60 persen mengakui mereka tidak suka makan di depan pasangannya. Hal yang tidak pernah berubah sejak dulu, ketika sedang memesan makanan—entah itu dengan pacar baru atau pacar lama—sebanyak 13 persen responden mengaku memilih makanan yang rendah kalori daripada makanan yang memang mereka inginkan.

Masih berkaitan dengan urusan penampilan, penelitian ini juga menunjukkan,  hampir 50 persen perempuan yang sudah berpasangan mengaku tidak nyaman ketika berganti pakaian sambil dipandangi pasangannya. Terlihat di sini citra tubuh masih menjadi perhatian utama kaum wanita sehingga mengalahkan hal-hal lain yang lebih menyenangkan bagi kehidupan berpasangan.

Penelitian ini bukanlah sesuatu yang baru, tetapi tetap mengirimkan pesan penting bagi kaum perempuan. Ayo dong, mulailah untuk belajar menikmati hidup dan menerima diri kita apa adanya. Tentukan kembali urutan prioritas dalam hidup Anda. Jika seorang pria tak ingin menerima Anda karena Anda terlihat gemuk, pikirkan kembali, apakah Anda ingin seumur hidup tak mampu menikmati kehidupan cinta karena selalu dikhawatirkan oleh hal-hal tersebut?